Jumat, 30 Maret 2012

Teknik teknik Phising

Pada artikel kali ini kita akan membahas berbagai teknik phising yang sering digunakan para hacker untuk melakukan kejahatan di dunia cyber... dan buat teman-teman yang belum tau apa itu phising silahkan searching sendiri :p ok...langsung aja kali yaaaa.
1. Social Engineering,
Masyarakat memiliki sebuah reaksi terhadap kejadian-kejadian penting, teknik ini sangat ampuh digunakan oleh hacker untuk menangkap informasi-informasi penting tanpa usaha yang rumit, seperti mengirimkan header email "Bantulah Rakyat Aceh yang tertimpa Tsunami, kirimkan informasi anda sebagai volunteer", header email lain yang menyentuh "Bantulah Korban Bencana Alam Situ Gintung, kirimkan secuil harta anda kepada mereka", dan lainnya.

2. Manipulasi Link,
Teknik ini adalah menyesatkan user dengan mengklik salah satu URL yang ada di email legimate yang dikirimkan oleh hacker, seluruh email isinya asli dari perusahaan yang mengirimkannya, tetapi ada salah satu link yang dibelokkan oleh hacker yang akan menuju ke server lain yang bukan server sebenarnya (unlegitimate server). Nah, informasi user akan tertangkap oleh server palsu tersebut.

3. Filter Evasion, seorang ahli phisher/hacker akan menggunakan teknik ini untuk menghindari jeratan/filter phishing, biasanya akan menempelkan image untuk phishing, sehingga filter phishing yang dibuat oleh developer tidak dapat mengetahui adanya phishing atau tidak.

4. Website Forgery, seorang user sebagai korban yang mengunjungi website phishing tidak dapat mengetahui secara pasti, apakah website tersebut asli atau palsu, karena website akan dibuat sedemikian rupa sama dengan aslinya. Mungkin Anda masih ingat kasus website palsu clickbca.com atau kilkbca.com yang digunakan untuk menangkap username dan password user yang salah ketik ke situs tersebut.

5. Phone Phishing, tidak semua serangan phishing menggunakan website palsu. Seringkali hacker menggunakan media lain yang digunakan untuk phishing. Model phone phishing digunakan para hacker untuk mengelabui para user, biasanya mengirimkan email yang berlogo asli bank yang dipakai oleh user.

6. Teknik phone phishing yang lain adalah menempelkan script kecil ke situs-situs banking yang legitimate. Bila user tidak teliti maka user akan terkena jebakan yang akan menggiring user tersebut ke sebuah situs palsu tetapi official. Situs ini bisa dikatakan aspal, karena user tidak menyadari sedang mengakses situs palsu di dalam situs asli. 


Sumber: detiknet.com

Kamis, 22 Maret 2012

LABIL!

Dengarlah kawan, ini saatnya untuk kita semua. Terus melangkah dan menggapai mimpi. Acuhkan semua, mereka yang selalu mencaci maki. Hadapi semua, dan terus berlari. 
Hey inilah saatnya tuk kita, tuk membuka mata. Janganlah kau jangan.
Janganlah kawan kau buang waktumu. Hadapi semua. Persetan dengan mereka.
Aku kan tetap berdiri disini. Aku takkan berhenti.
Dengarkanlah suara hatimu. Jangan pernah bohongi dirimu. Berlarilah sejauh apapun itu.
Resapilah semua yang terjadi. Jangan pernah kau lakukan lagi. Lepaskanlah semua kebencian ini. Camkan dan dengarkan! Semua yang kau teriakan. Ku takkan peduli, semua yang kau bisikan.

Sabtu, 17 Maret 2012

Sedikit tentang Stand Up Comedy Karawang :)

2012! Tahun baru dan emang masih sangat terasa atmosfirnya, banyak orang yang berharap resolusinya terwujud di tahun ini. Gue juga termasuk orang yang pengen punya tujuan di tahun ini, adalah bisa upgrade otak supaya bisa saingin Assisten Laboratorium di Kampus yang jutek abis. Agak gak elit emang, namanya juga harapan ABG labil getooh. Oke, lupain masalah kuliah. Pertengahan Januari, tahun ini keinginan gue buat bikin komunitas Stand Up di kota tempat gue tinggal udah gak tertahankan. Setiap hari kerjaan gue adalah nyari akun twitter yang berkaitan dengan Stand Up di Karawang, yang ada malah akun twitter kripik pedes perusak lambung. Dan hasilnya nihil. Sampe suatu ketika gue balik dari Bandung, sedikit males ngintip Timeline di twitter dan akhirnya gue buka juga. Bersyukur waktu itu ada temen gue yg nge-retweet akun twitter @karawangupdate, dan gue cek aja Timeline-nya. Dapet! Seorang lelaki paruh baya ber-status Mahasiswa ini nyari orang yg mau bikin komunitas Stand Up. Tentu dong, dengan gencarnya gue kirim SMS ke nomer hape yg dia share. Perkenalan ini gak lama, karena emang suka gatel gitu jari gue kalo SMS sama cowok. Akhirnya kita sepakat ketemu sama beberapa orang yg mau join juga. Kita kumpul waktu itu di Resinda Food Fest, tempat dimana lo bisa liat SPG yg udah siap tidur, pake daster, nawarin rokok dengan muka terkantuk-kantuk. Siapa yg nyuruh coba malem2 pake daster sambil nawarin rokok? fiuh. Oke abaikan. Gue waktu itu dateng ke Resinda sendiri, karena masih jomblo dan sekarang pun masih jomblo, sambil jalan sekitar luar Food Fest. Gue dapetin cowok pake topi, dan dia emang orangnya. Sekilas mirip copet karena topinya itu khas banget. Nama dia Alan, dia udah ngumpul sama yg lain. Gue pikir udah banyak yg ikut, tapi ternyata cuma ada satu bocah SMA dan satu cewek yg lg asik online. Pada pertemuan pertama ini gue cuma bahas sedikit tentang promo2 buat kedepannya, kita sepakat bikin akun twitter dan group di Facebook dengan harapan banyak yg antusias sama komunitas ini. Undangan pertama adalah dari fans Manchester United Karawang. Kita respect banget buat temen2 dari United Army Karawang, kalian yg pertama manggil kita. Berasa jd cowok panggilan -____-. Berawal dari 3 orang, Gue, Alan, sama Lufi, ternyata ada juga bocah SMA lain yg mau gabung sama kita, Agoy. Kita terus kumpul rutin di Resinda, nyari masa yang bisa diajak gabung, bedanya kita gak pake daster sambil nawarin rokok ya. Selang beberapa minggu kemudian, kita dapetin temen2 dari Cikampek dan Tasikmalaya. Masing2 sekolah dan kuliah. Oke ini cukup, dan gue putuskan buat gelar 1st OPEN MIC STAND UP COMEDY KARAWANG!! to be continued ...

Rabu, 07 Maret 2012

Microarsitecture dan Diagram Processor


Mikroarsitektur prosesor adalah deskripsi rangkaian elektrik komponen penyusun prosesor yang menggambarkan selengkapnya operasi dari sistem hardware prosesor itu sendiri. Istilah mikroarsitektur sering disingkat dalam bahasa Inggris dengan tulisan Āµarch atau uarch. Mikroarsitektur (arsitektur mikro) bersama arsitektur set instruksi (instruction set architecture = ISA) merupakan dasar arsitektur komputer.
Setiap mikroprosesor pasti dibangun berdasar mikroarsitektur tertentu, tak terkecuali prosesor produksi AMD. Sejak munculnya prosesor keluarga K5, AMD menggunakan mikroarsitektur hasil desainnya sendiri.Tidak lagi harus adopsi secara penuh arsitektur dari perusahaan lain. Sampai April tahun 2008, AMD telah mengaplikasikan desain mikroarsitekturnya yang terus diperbarui, mulai dari mikroarsitektur K5 hingga mikroarsitektur K10.
1.       Mikroarsitektur K5
Mikroarsitektur yang pertama kali dibuat dan didesain sendiri oleh AMD adalah mikroarsitektur K5.Label K berasal dari kata Kryptonite. Mikroarsitektur K5 berbasis pada mikroarsitektur prosesor AMD Am29000, yang kemudian dilengkapi decoder x86. Mikroarsitektur ini sangat mirip dengan desain Pentium Pro produk Intel. Namun, kenyataannya performansinya malahan lebih banyak menyerupai Intel pentium dari pada Intel Pentium Pro. Prosesor AMD yang diproduksi dengan basis mikroarsitektur K5, antara lain SSA/5 dan 5k86
2.       Mikroarsitektur K6
Mikroarsitektur K6 dibangun oleh AMD untuk menggantikan mikroarsitektur yang lama (mikroarsitektur K5). Pengembangan mikroarsitektur K6, tidak lagi berpijak pada mikroarsitektur sebelumnya (K5), tetapi berbasis pada mikroprosesor Nx686 yang di desain oleh NexGen’s suatu perusahaan yang telah dibeli oleh AMD. 
Berbeda dengan prosesor-prosesor hasil desain NexGen’s yang ada sebelumnya, prosesor-prosesor AMD yang didesain menggunakan mikroarsitektur K6, umumnya memiliki pin-pin yang dirancang agar kompatibel dengan soket produksi Intel yang biasa digunakan prosesor Pentium, yaitu soket 7. Mikroarsitektur K6, terus dikembangkan oleh AMD dan diberi tambahan fitur-fitur baru, hingga akhirnya menghasilkan mikroarsitektur K6-2 dan mikroarsitektur K6-III.
Mikroarsitektur K6-2 adalah hasil revisi atau perbaikan mikroarsitektur K6 yang kemudian dilengkapi fitur instruksi SIMD, 3DNow! Mikroarsitektur K6-III adalah hasil revisi atau perbaikan selanjutnya. Selain dilengkapi fitur instruksi SIMD, 3DNow! juga terdapat perbaikian cache memorinya. Jika pada mikroarsitektur sebelumnya, L2 cache terdapat di luar chip (eksternal), maka pada mikroarsitektur K6-III, L2 cache berada di dalam chip itu sendiri (on-die) sebesar 256 KB dengan kecepatan penuh (sama dengan kecepatan prosesornya). Prosesor-prosesor yang diproduksi dengan basis mikroarsitektur K6 antara lain:
a.       AMD K6 (nama core Little Foot)
b.      AMD K6-2 ( nama core Chomper )
c.       AMD K6-III ( nama core Sharptooth )
d.      Mobile K6 (nama core Little Foot )
e.      Mobile K6-2+ ( nama core Chomper)
3. Mikroarsitektur K7
Prosesor golongan x86 generasi ketujuh yang berbasis mikroarsitektur K7 yang sangat terkenal hingga kini adalah Athlon. Bahkan nama (brand) Athlon terus dipakai untuk nama prosesor generasi selanjutnya. Mikroarsitektur K7 menggantikan mikroarsitektur sebelumnya (K6). Perbaikan fitur yang terdapat pada mikroarsitektur K7 adalah meningkatnya kapasitas L1 Cache. Jika pada generasi sebelumnya besar L1 cache 64 KB, maka pada generasi K7 meningkat menjadi 128 KB yang terdiri dari 64 KB untuk cache data ditambah 64 KB untuk cache instruksi. L1 cache ini bersifat eksklusif, sehingga informasi yang ada di dalam L1 cache tidak akan disalin pada L2 cache.

Perbaikan fitur lainnya adalah instruksi 3DNow!,dan kemudian ditambah fitur baru lagi yang sebelumnya tidak ada, yaitu SSE yang dimasukkan ke dalam prosesor berbasis mikroarsitektur K7 ini telah diperbaiki dan diperluas dengan menambahkan 24 instruksi tambahan untuk meningkatkan kalkulasi aritmatika integer. Fitur 3DNow! yang telah diperbaiki ini sering disebut dengan nama Ext.3DNow! Prosesor-prosesor yang diproduksi dengan basis mikroarsitektur K7 antara lain:
a.       Athlon (nama core Argon, Pluto, Orion, Thunderbird)
b.      Athlon XP (nama core Palomino, Thoroughbred, Barton, Thorton)
c.       Athlon MP (nama core Palomino, Thoroughbred, Barton, Thorton )
d.      Duron (nama core Spitfire, Morgan, Applebred)
e.      Sempron (nama core Thoroughbred, Barton, Thorton)
f.        Mobile Athlon 4 (nama core Corvette, Mobile Palomino)
g.       Mobile Athlon XP (nama core Mobile Palomino)
h.      Mobile Duron (nama core Camaro,Mobile morgan)
i.         Mobile Sempron
3.       Mikroarsitektur K8
Mikroarsitektur K8 dibangun dengan basis mikroarsitektur K7.Dapat pula dikatakan bahwa mikroarsitektur K8 adalah revisi dari mikroarsitektur K7 dengan tambahan fitur-fitur baru seperti:
AMD64 (pengembangan 64 bit ke dalam set instruksi x86). Penambahan memory controller ke dalam chip (memory controller internal). Implementasi Hyper Transport (penerapan performansi tinggi koneksi ‘point-to-point’ yang merupakan bagian dari arsitektur ‘Direct Connect’) untuk menggantikan Front Side Bus tradisionil yang selama ini dipakai. Peningkatan kapasitas L2 Cache hingga 1 MB.Penambahan fitur SSE2 yang tak lama kemudian ditambahakan pula SSE3.Mikroarsitektur K8 disebut juga dengan nama Hammer (nama kode internal AMD), Sledge Hammer. Prosesor-prosesor yang diproduksi dengan basis mikroarsitektur K8 antara lain:
1.       Opteron (nama core Sledge Hammer, Venus, Troy, Athens, Denmark, Italy, Egypt, Santa Ana, Santa Rosa)
2.       Athon 64 FX (nama core Sledge Hammer, Claw Hammer, San Diego, Toledo, Windsor), Athlon 64 (nama core Claw Hammer, Newcastle, Winchester, San Diego, Venice, Orleans, Lima)
3.       Athlon 64 X2 (nama core Manchester, Toledo, Taylor, Windsor, Brisbane)
4.       Sempron (nama core Paris, Georgetown, Sparta, Palermo, Manila)
5.       Turion 64 (nama core Lancaster, Richmond), Turion 64X2 (nama core Taylor, Trinidad, Tyler)
6.       Athlon XP-M (nama core Dublin)
7.       Mobile Athlon 64 (nama core Claw Hammer, Odessa Oakville, Newark)
8.       Mobile Sempron (nama core Dublin, Georgetown, Sonora, Albany, Roma, Keene)

4.       Mikroarsitektur K9
AMD menarik kembali (membatalkan) penggunaan mikroarsitektur K9 sebagai basis untuk produksi prosesornya. Tampaknya terdapat masalah pada mikroarsitektur K9 ini. Hanya sedikit bagian dari desain K9 ini yang bisa ‘diselamatkan’ yang kemudian dipakai kembali untuk produksi prosesor berbasis mikroarsitektur K8 revisi F/G
5.       Mikroarsitektur K10
Sampai pertengahan tahun 2008, mikroarsitektur K10 adalah mikroarsitektur terbaru milik AMD. Merupakan arsitektur untuk prosesor Quad Core yang dilengkapi fitur-fitur baru, antara lain:
1.       L3 Cache (sampai bulan April 2008, masih dilengkapi L3 Cache sebesar 2048 KB yang berlaku share
2.       128 bit floating-point
3.       AMD-V
4.       HyperTransport 3.0
5.       SSE4a
Mikroarsitektur ini masih mendukung penggunaan DDR2 SDRAM. Prosesor-prosesor AMD yang berbasis mikroarsitektur K10 antara lain:
1.       Opteron ( nama core Barcelona, Bundapest )
2.       Phenom X3 ( nama core Toliman )
3.       Phenom X4 ( nama core Agena )